27 Desa di Rohul Belum Teraliri Listrik

Tuesday, 16 February 2016 | 00:52:35 WIB


ROKAN HULU-Kondisi kelistrikan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), masih perlu perhatian karena masih ada 27 desa yang belum teraliri listrik dari jaringan milik Perusahaan Listrik Negara.

"Desa yang sudah terlayani energi perusahaan listrik negara (PLN) sebanyak 133 desa. Desa yang belum teraliri listrik PLN sebanyak 27 desa," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Rohul, Drs. Yusmar Yusuf, M.Si , Senin (15/2).

Semua desa yang belum terjangkau jaringan listrik tersebut umumnya berada di kecamatan-kecamatan yang letaknya jauh dari jaringan tegangan tinggi listrik milik PLN. Umumnya, kata dia, desa yang belum teraliri listrik merupakan desa terpencil, dan akses transpotasi menuju desa itu sangat sulit.

Diakui Yusmar, saat ini Rasio Elektrifikasi (RE) Penggunaan PLN di Rohul baru mencapai 57,46 persen dengan jumlah pelanggan PLN 90.455 dan jumlah 157.422 Rumah Tangga di Rohul.

“Tahun 2016 ini, tingkat Rasio Elektrifikasi kita masih 57,46 persen. Artinya masih ada 27 desa lagi yang belum tersentuh jaringan PLN,” ungkapnya.

Distamben mengajak perusahaan besar swasta seperti perkebunan kelapa sawit yang kelebihan daya, bisa menjual sisa dayanya kepada PLN sehingga bisa memasok ke jaringan yang didistribusikan kepada masyarakat.(MC Riau/j)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...